Jumat, 19 Juni 2009

Balawan “Best Teknik Tapping”

24 07 2008

I Wayan Balawan ini sudah banyak dikenal oleh publik lokal maupun

internasional sebagai gitaris papan atas. Dia juga memasukkan unsur budaya dalam

setiap lagunya yang dikemas dalam nuansa etnik Bali yang sangat kental.

Balawan, gitaris yang mempunyai teknik tapping luar biasa inilah yang jadi quest di Jazz On Trijaya Edisi 13 Juli 2008 jam 19.00-21.00.

Musisi yang lahir di Gianyar, Bali pada 9 September 1973 ini mulai bermain musik

pada umur delapan tahun dan mendirikan grup band pada saat duduk di bangku

sekolah dasar. Balawan banyak memainkan lagu-lagu dari Deep Purple dan Beatles

pada masa itu. Jenuh dengan musik rock, selepas dari SMU dia pindah ke Sidney-Australia

untuk belajar jazz gitar dan vokal di The Australian Institute of Music.

Talentanya yang besar di musik membawanya meraih beasiswa selama tiga tahun (dia

meraih Diploma of Music). Setelah merampungkan pendidikannya, Balawan akhirnya

berkarir sebagai gitaris profesional di Sidney selama lima tahun dan namanya pun

mencuat sebagai salah satu dari deretan pemain gitar handal.

Di tahun 1997, Balawan bersama kawan-kawan semasa kecilnya pernah

mendirikan Batuan Ethnic Fusion, sebuah grup musik yang memainkan musik etnik

Bali yang dikombinasikan dengan musik jazz dan sempat merilis album pada tahun

1999 berjudul “gloBALIsm”.

Balawan sendiri dikenal sebagai gitaris yang handal memainkan gitar secara

teknik tapping, yaitu teknik khusus dimana jari-jari kiri dan kanan secara

bersamaan memainkan bass, chords, dan melody, seakan-akan dia memainkan piano.

Publik pun dibuatnya takjub dengan kepiawaiannya memainkan dua gitar secara

bersamaan dengan cepat, lincah, juga melodius.

Balawan juga dikenal sebagai guru gitar dan sering tampil di berbagai sekolah

musik di kota-kota di Indonesia. Ia pun kerap memberikan klinik gitar dan promo

tur yang disupport oleh gitar Ibanez dan Laney amplifiers. Selama ini Balawan

telah banyak melanglang buana, merambah festival demi festival bergengsi manca

negara.

Sepanjang karir bermusiknya, Balawan pernah tampil disejumlah pertunjukan

Internasional seperti – East Meet West Gitarren Festival Edenkoben Germany, Open

Strings Guitar Festival Osnabrueck Germany, Tour International Guitar Nights in

12 Cities in Germany , Hell Blues Festival in Trondheim Norway September, Hell

Blues Festival in Trondheim Norway, Australian tour 4 cities with Batuan Ethnic

Fusion, Pop Asia Fukuoka japan ,Tokyo Asia music Market Tokyo japan serta Bali

Jazz Festival, Java Jazz Festival, Jakarta Jazz Festival (JakJazz Festival) dan

masih banyak lagi.

Beberapa waktu lalu Wisma Duta di Tramlaan menjadi panggung eksklusif grup Balawan memamerkan kemahiran petikan gitar dan gabungan alunan gamelan Bali dalam hit Siapa Bisa Bilang dari album terbarunya.

Grup Balawan sebelumnya tampil memikat, dalam acara Pasar Malam Besar (Pasar Tong-Tong) di Den Haag 22-23 Mei lalu dan mengisi acara ‘jam session’ di Grand Cafe Brussel.

Masyarakat Eropa mengagumi kepiawaian si jari ajaib memainkan gitar talk-box ala Jeff Back dengan nuansa alunan gamelan rindik Bali yang amat kental.

Atribut Bali yang dilantunkan amat menjual dan menjadi ikon yang melekat di publik Eropa. Balawan yang tampil penuh dalam dua jam durasi pertunjukan di Wisma Duta ini memberikan suguhan aktraktif yang langka.

‘Jam session’ dengan pukulan gendang Made Agus Wardana, seniman asal Bali, staf KBRI Brussel melantunkan lagu Janger dalam ritme mengadu petikan gitar Balawan yang khas dan gebukan kendang ala Made, mendapatkan tepukan kagum dari para hadirin.

Sedangkan Bulan Juli 2008 ini Balawan juga turut berperan aktif kampanye damai untuk Pilkada di Bali

Balawan menampilkan kepiawaiannya pada hari kampanye bersama musisi lainnya asal Bali seperti Dewa Budjana. Kali ini ia khusus berduet dengan musisi asing mempersembahkan lagu Bali Shanti Shanti Shanti (Bali damai damai damai).

“Sekarang saya juga masih sibuk menyelesaikan album terbaru saya bersama sony music yang juga rencananya diedarkan bersama dvd yang berisi tentang teknik bermain gitar atau gitar clinic” ujar Balawan mengakhiri perbincangan di Jazz On Trijay

Kamis, 18 Juni 2009

Nah naik satu stage dari bahasan sebelumnya,saya ingin menyuguhkan teknik yang banyak digunakan para musisi terkenal sebagai ciri khas permainan mereka,seperti sweep picking yang sering di mainkan oleh the great picking yngwie malmsteen.
Di sini kita mempelajari permainan gitar secara natural,tanpa manipulasi effect.Agar sebelum ke jenjang lebih tinggi atau master kita sudah tahu dasarnya.
NAh,pelototin baik2 nih

#sweep picking
Dilihat dari namanya,sweep picking.Berarti melakukan picking dengan cara menyapukan pick di atas dawai.Susunan seperti apa yang sering digunakan untuk sweep picking?jawabnya adalah arpeggio.
Contoh:

-------------7--11--7----------------------------------------------
-----------8----------8--------------------------------------------
---------7--------------7-------------------------------------------
-------9------------------9----------------------------------------
---10-----------------------10-------------------------------------
--------------------------------------------------------------------
Coba anda mainkan,pasti ada susunan chord G pada scsle tersebut.
Am.arpeggio
---------------8--12--8---------------------e
-----------10-----------10------------------b
---------9------------------9----------------g
-----10-----------------------10-------------d
--12------------------------------12---------a
----------------------------------------------e
d d d d d d u u u u d

amati dan rasakan,saat memainkannya seperti menyapu dengan pick,hanya naik turun cuy.

#tapping

Tap artinya ketuk,sama saja kalau pada gitar,kita tidak memetik tapi mengetuk dawai hingga membentur fret untuk menghasilkan nada.Untuk melakukannya biasa menggunakan dua tangan.
Contoh:
ka ki ka ki ka
--------------------------
--12-0-5-12-0-8-12-dst-
--------------------------
--------------------------
--------------------------
--------------------------
mula mula jari kanan menekan pada kolom 12 senar 2, kemudian angkat sambil membunyikan snar 2 open,setelah itu jari kiri (telunjuk)menekan kolom 5 dst.amati scalenya.


silakan coba
oleh: ogi d'bosa

mau tahu arpeggio ga? ni tek kasih tahu........

apa sih arpeggio? yuk kita liat, pelototin ya.ayo jangan berkedip dulu.Simak baik baik nihh.








arpeggio adalah notasi sempurna dari sebuah chord yang dipetik secara bergantian, sebenarnya bukan hal yang rumit, karena jika anda mainkan pada sebuah gitar akustik kemudia anda mainkan chord sempurna ato banyak org selalu dan biasa menyebutnya dengan kata chord balok ato not balok kemudian anda strum ato petik, maka hal itu sama dengan arpeggio….

pada gitar listrik sendiri apalagi pada musik neoklasikal banyak menerapkan arpeggio, karena mereka memang banyak mengambil dari notasi pada biola, seperti contohnya yngwie mamlsteen, jason becker, impelliteri, dkk

|———————–7(turun)–12(naik)p7——————|
|——————–8(turun)—————-8(naik)—————|
|—————–9(turun)———————-9(naik)———–
|————–9(turun)—————————-9(naik)———
|7(turun)–10(naik)————————————10(naik)–7(turun)–|
|——————————————————————
tulisan naik-turun dalam kurung adalah contoh dari pergerakan pick.

ini salah satu contoh arpeggio dari not e minor dan ternyata not dari arpeggio e minor tersebut sama dengan chord e minor, dimana arpeggio ini cara memetiknya dilakukan dengan gerakan sapuan (sweep), kecuali jika ada 2 not dalam satu senar maka memetiknya tetap dengan cara alternate yaitu naik-turun, dalam memetik arpeggio ini sebaiknya dilakukan perlahan dulu, dan yang paling penting adalah not satu dengan yang lainnya harganya harus sama, jangan not satu lebih cepat kemudian not lainnya lebih lambat.Jelasnya arpeggio adalah chord yang di pecah atau dimainkan satu persatu nada penyusunnya...

Senin, 15 Juni 2009

Teknik Melodi

Sebelum kita belajar dan mempelajari sesuatu harusnya kita tahu sebenarnya apa yang kita pelajari.Sama ketika seorang bakal musisi mempelajari teknik melodi pada gitar,apa itu melodi?
Secara natural,melodi adalah ngiangan nada pada jiwa seseorang yang terwujud dalam bebunyian nyata....bebunyian nyata bisa dari suara mulut atau alat lainnya.
Sebagai contoh melodi [pada gitar yang akan saya bahas tentunya.Melodi itu tak sekedar kruel kruel yang terkesan njlimet(susah)tapi juga harus selaras dengan tempo dan ketukan.
Di sini saya akan membicarakan teknik-teknik buat kalian yang doyan gitaran.

1.teknik pemanasan(finger waming up)
pertama2 kamu bisa gunakan nada dasar do-re-mi-fa-sol-la-si-do,itupun terserah mau dilakukan dari chord pilihan kamu.contoh:chord G
jika sudah ngomongin chord,maka not alami berubah jadi chord juga.Dalam bahasan ini kita mulai dari G=do,maka G-A-B-C-D-E-F#-G'.
Tab:
------------------------------2-3------------------------
-------------------------3-5-----------------------------
-------------------2-4-5---------------------------------
-----------2-4-5-----------------------------------------
-----2-3-5-----------------------------------------------
3--5-----------------------------------------------------

Untuk pelemasan,silakan mainkan scale tersebut secara berulang2 dengan tempo yang tetap,dan ingat!jangan terpaku dengan scale G,bisa juga gunakan susunan itu dari A atauB.
Permainan untuk pemanasan tak sebatas itu,bisa menggunakan scale yang lain.contoh:
Tab:
-------------------------------------11-13--------------------
------------------------------6-8-9---------------------------
-----------------------5-7-8----------------------------------
----------------3-5-6-----------------------------------------
---------3-5-6------------------------------------------------
--1-3-4-------------------------------------------------------

Itu sekelumit contoh dari kebanyakan player yang prifat ke guru2 musik,jika anda sudah terampil memainkannya,maka untuk selanjutnya akan lebih mudah memainkan scale2 yang lain.

2.teknik picking(memetik dengan pick)
Untuk memperoleh permainan yang baik,teknik ini tak pernah ketinggalan.karena kebanyakan lagu,pasti banyak menggunakan teknik ini.Apalagi untuk gitaris2 metal yang tentunya banyak main speed.jika trik ini tidak dilakukan dengan benar,maka speed sulit dicapai. Bagaimana memainkannya dengan benar?baik,saya jelaskan.metode saya ini bukannya untuk memaksa anda untuk melakukan hal yang sama persis dengan anjuran saya,bagaimana nyamannya anda saja.
a. Sebisa mungkin yang digunakan adalah kekuatan ibu jari dan telunjuk,bukannya kekuatan pergelangan tangan atau bahkan siku
b. Sebaiknya arah petikan jangan hanya ke baawah atau kae atas saja.coba kombinasikan.
c. Untuk arah picking ke bawah atau ke atas semua biasanya digunakan untuk teknik sweep picking yang akan saya jelaskan nanti.
d. Jika sudah terbiasa menggunakan picdking up/down,maka dijamin anda juga bisa ngedril(picking kecepatan tinggi)
Untuk dapat memainkan nya dengan benar,maka perlu diperhatikan cara permainan di atas.

3.Fingering
Teknik ini hampir sama kedengarannya dengan picking,cuma untuk teknik ini terkesan lebih halus.Terangnya,tujuan trik ini adalah untuk menjangkau 3 atau lebih nada dalam satu kali petik.
contoh:
Tab:

--13-12-10-------------------------------------------------
------------13-12-10---------------------------------------
----------------------10-9-7-------------------------------
------------------------------10-9-7-----------------------
--------------------------------------8-7-5----------------
-----------------------------------------------------------
Tidak jauh beda dengan picking yang mengandalkan dua kekuatan tangan.Kalau yang ini banyak menggunakan kekuatan tangan yang memegang neck.
Masing 2 senar pada susunan di atas terdiri dari 3 nada.Nah cara memainkannya adalah sbb:
#Satu kali pukulan atau picking pada senar pertasma dan selanjutnya,lihat scale.Tangan pemegang neck harus memainkan tiga nada dalam satu kali pukul.Perlu di ingat,anda jangan terpaku dengan satu scale saja.coba lakukan improvisasi.


SILAKAN MENCOBA

terimakasih........